Kabar Makassar

Hal Unik Dibalik Pertemuan PSM Makassar dan Bali United

  • Rubrik : Olahraga
  • Penulis : Muhammad Fajar Nur
  • Terbit : 3 hari, 17 jam lalu
Hal Unik Dibalik Pertemuan PSM Makassar dan Bali United
Hasil pertandingan Liga 1 2018 antara Bali United vs PSM Makassar.(Ist)

KabarMakassar.com -- Persatuan Sepak bola Makassar (PSM) Makassar terpaksa merasakan kekalahan setelah kalah dari tuan rumah Bali United di pertandingan pekan ke-15 Gojek Liga 1 Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, kemarin malam, Rabu, 11 Juli 2018.

Kemenangan Bali atas gol di babak pertama oleh Ilja Spasojevic dilengkapi dengan gol babak kedua Stefano Lilipaly menjatuhkan PSM Makassar semakin jauh untuk berada di puncak klasemen sementara.

Dibalik kekalahan PSM Makassar, ada hal unik yang dapat dilihat dari rekor pertemuan PSM dan Bali United. Berikut data yang telah dihimpun Redaksi KabarMakassar.com:

1. Pertandingan pertama Dallen Ramadhan Rovani Doke dan Melvin Platje

Pertandingan Bali United dan PSM Makassar menjadi pertandingan pertama bagi pemain muda Bali United, Dallen Ramadhan Rovani Doke sebagai salah satu pemain muda yang pernah berkarir di eropa ini memulai debutnya besaram Bali United di ajang Gojek Liga 1 Indonesia. Ia dipercaya pelatih Bali United, Widodo C Putro bermain selama 90 menit mengawal lini belakang Tim Serdadu Tridatu. Sedangkan pemain asing Melvin Platje tampil memukau sebagai penyerang yang membuat PSM Makassar cukup kewalahan.

2. Pertemuan Hasyim Kipuw, Abdul Rahman dan Ilja Spasojevic dengan mantan timnya

Hasyim Kipuw dan Abdul Rahman melakukan reuni dengan mantan rekan setimnya di dalam lapangan. Sebagai mantan pemain untuk tim Bali, Abdul Rahman dan Hasyim Kipuw terlihat gugup hingga tidak mampu berbuat banyak setelah bek kanan PSM yang dijaga diserang berkali-kali. Berbanding terbalik bagi pencetak gol Bali United, Ilja Spasojevic yang merupaka mantan bagian dari PSM Makassar.

3. Catat Cleen sheet Wawan Hendrawan

Wawan Hendrawan yang berperan sebagai kiper Tim Bali kembali mencatatkan clean sheet kala menjamu PSM Makassar dari tiga laga terakhirnya. Sedangkan Syaiful yang menjaga gawang PSM Makassar harus menerima kenyataan serangan pemain Bali United setiap kali bertandang ke Stadion Dipta.

4. Starter terlama 321 menit

Pemain muda tim ikan merah mencatat sebagai pemain PSM yang tampil terlama selama liga laga beruntun dengan menbukukan 321 menit pertandingan. Saldy Amiruddin tercatat sebagai pemain PSM yang tampil sebagai starter selama lima laga beruntun termasuk saat dijamu Bali United dan berhasil menggeser dua seniornya seperti M Rahmat dan Zulham Zamrun.

5. Meski kalah, PSM berhasil gagalkan 3 peluang emas Bali United

Meskipun kebobolan, kiper Syaiful tidak bisa sepenuhnya disalahkan. Pasalnya dari 5 shot on target Bali United 3 diantaranya berhasil dimentahkan dan dua menjadi gol.(data IG PSM Stats).

6. Secara statistik, PSM unggul penguasaan bola

Dari Segi penguasaan bola, statistik menunjukkan PSM Makassar lebih unggul dibandingkan Bali United dengan mencatatkan penguasaan bola hingga 52% berbanding 48 % dengan Tim Bali. 

Perlu diketahui, Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro menganadalkan kepintaran anak asuhnya dalam menganalisa permainan PSM Makassar yang tampil di Stadion Dipta Gianyar pada laga pekan ke-15 Liga 1 2018 dan menutup dengan kemenangan 2-0 atas PSM Makassar.


Pemprov 1