Perusda
Bank SUlsel Bar

Cafe Ini Perkenalkan Board Games di Kota Makassar

on 6/2/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Cafe Ini Perkenalkan Board Games di Kota Makassar
Sandy Paulus, owner dari cafe pandora yang bertempat di Jalan Sungai Saddang Lama No.41. [Foto: KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com --- Jika anda sadar bahwa setiap hari anda lebih sering menatap layar ponsel pintar anda dibanding berkomunikasi langsung bersama orang lain. Selamat! Anda adalah salah satu bukti berkembangnya teknologi dan kemajuan globalisasi yang menunjukkan manusia semakin bersifat individualis. Inilah permasalahan yang disadari oleh salah satu pemilik cafe di kota Makassar.

Sandy Paulus, owner dari cafe pandora yang bertempat di Jalan Sungai Saddang Lama No.41 diwawancarai khusus oleh Tim Redaksi KabarMakassar.Com mengatakan permasalahan semakin individualisnya masyarakat menjadikannya sadar pentingnya permainan yang mengajak interaksi face to face.

Melalui Board Games atau papan permainan, Sandy Paulus berusaha menyadarkan bahwa komunikasi yang dilakukan secara langsung dan nyata jauh berbeda dengan komunikasi melalui gadget pintar anda.

1. Apa Inspirasi anda dalam membuat Cafe Pandora?

Awalnya sendiri saya itu sebenarnya iseng-iseng kedalam dunia permainan papa/board games, beli satu dua board games tapi saya liatnya dunia board games itu sudah meluas di luar negeri sedangkan di Indonesia itu belum, apalagi di Kota Makassar.

Ini sebenarnya hobi serius dan positif untuk orang lain karena saya pikir ini barang positif untuk kasih tau orang-orang, jadi saya kepikiran untuk memberitahu orang-orang melalui cafe.

Sebenarnya cafe board games itu sudah banyak diluar negeri sana, makanya kita pakai konsep yang sama untuk mengirim pesan ini.

2. Bagaimana potensi interaksi dan bermain melalui board games di Kota Makassar?

Sebenarnya saya mendapat inspirasi awalnya datang dari Youtube dan melihat besarnya potensi di Kota Makassar karena belum adanya cafe yang menekankan permainan board games.

Hanya saja belum terlalu terkenal di Kota Makassar. Sekarang board games itu berkembang dengan berbagai macam genre yang bisa dipilih sesuai keinginan. Board games tidak bertema dan tipe lama seperti monopoli itu bukan satu-satunya board games yang dapat dimainkan.

Cafe Pandora memiliki berbagai macam board games seperti yang berkisah tentang kelompok pinguin yang berpetualang, pemburuan werewolf hingga tentang perjuangan bajak laut yang harus selamat dari ikan hiu.

3. Bagaimana Cafe Pandora membantu pengunjung agar memahami board games yang ada?

Untuk membantu pengunjung memahami tema dari board gamesnya, Cafe Pandora menyediakan pelayan yang menjelaskan konsep dan cara bermain board games yang diinginkan.

Kita punya games master, para pengajar untuk games disini, jadi jangan takut untuk tidak tahu gamesnya. Sekarang kita punya 4 games master yang akan mengajarkan betul-betul sampai mengetahui cara memainkan gamesnya.

4. Apa kelebihan selain board games yang dimiliki Cafe Pandora?

Kelebihan lain yang dimiliki Cafe Pandora adalah biaya yang dikeluarkan di Cafe ini termasuk murah, hanya dengan membayar sekali biaya permainan, anda dapat menikmati seharian bermain berbagai macam board games yang tersedia.

Cafe pandora juga memiliki menu makanan dan minuman yang dapat menemani permainan board games lebih menyenangkan, didukung dengan adanya akses internet, ruangan ber-AC hingga pelayanan yang akan memastikan anda dapat bermain bersama walaupun datang seorang diri.

Board games di Cafe Pandora juga tidak diragukan. Board games yang tersedia didapatkan dari luar negeri seperti Amerika dan Jerman.

5. Berapa harga termurah dan termahal yang dimiliki Cafe Pandora?

Games paling murah itu kita beli seharga 300 ribu dan paling mahal itu 1 jutaan. Board games "Games of Thrones" itu seharga 1.300.000 kita dapat.

 6. Apa Hambatan yang dihadapi Cafe Pandora Selama ini?

Terkait hambatan yang dihadapi, konsep board games cafe belum terlalu dikenal di Kota Makassar terkhusus orang dewasa yang telah menjauhi dunia board games.Padahal usia begitu masih bisa main board games, mungkin karena takut belajar.

Hambatan berikutnya yang dimiliki adalah stigma cafe board games yang disama ratakan dengan digital games seperti yang tersedia di warung internet (Warnet).

Kita ini kafe permainannya diatas meja dan mengajak orang untuk bermain bersama antar muka. Digital games tidak saya bilang buruk, tapi jika kita berlama-lama itu akan membuat kita lupa dengan real life, berbeda dengan board games karena mengajarkan kita untuk terus berinteraksi langsung.

7. Mengawali tahun 2018, apa inovasi Cafe Pandora di tahun ini?

Cafe Pandora yang berdiri sejak 23 Mei 2016 ini akan memfokuskan inovasinya di tahun 2018 dengan melakukan dekorasi ulang tempat agar lebih nyaman.

Kita punya tempat kan masih sederhana, kita juga mau gain customer dan pelayanan. sekarang kita juga tahap belajar karena kita perintis pertama yang menggunakan konsep ini di Kota Makassar