Perusda
Perusda

PDAM Makassar Jamin 2018 Tambah Baik

Terbit 6/2/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
PDAM Makassar Jamin 2018 Tambah Baik
Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Makassar, Ir. H. Haris Yasin Limpo, MM di ruang kerjanya di Kantor PDAM Kota Makassar Jalan Ratulangi, Makassar. [Foto: KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com --- Setelah berakhirnya tahun 2017, PDAM Kota Makassar mengaku telah menyelesaikan masalah-masalah tahun 2017 dengan baik sehingga mampu menjamin pelayanan lebih baik di tahun 2018.

Pada hari Jumat, 5 Desember 2018 tim redaksi KabarMakassar.com menemui Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Makassar, Ir. H. Haris Yasin Limpo, MM di ruang kerjanya di Kantor PDAM Kota Makassar Jalan Ratulangi, Makassar.

Berikut wawancara khusus atau Wansus reporter KabarMakassar.com, Muhammad Fajar Nur bersama orang nomor satu di lingkungan kantor PDAM Makassar yang biasa akrab disapa Yayang ini.

1. Apa yang menjadi tantangan manajemen PDAM Makassar pada tahun 2017 lalu ???

Tahun 2017, ada beberapa hasil positif yang didapatkan, terjadinya peningkatan cakupan 2-3%, dan kasus kebocoran hanya 2-1%. kenapa sedikit? karena pembiayaannya puluhan milyar. kita juga benahi meter pelanggan, jalur distribusi hingga produksi itu sendiri

2. Terkait cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini, bagaimana PDAM menjamin kinerjanya tetap berjalan baik ???

kemarin sudah dua kemarau dilewati dan keluhan masyarakat tidak terlalu besar. Pada musim kemarau permasalahannya adalah kurangnya air yang dapat diproses, yang kering itu biasanya di daerah maros, kita buka saluran dari bili-bili ke daerah maros, yah walaupun akan mempengaruhi bibit air, biasanya kencang namun saat kemarau agat lambat.

Namun tidak sampai disitu, PDAM juga mempunyai alternatif jika aliran air tidak sampai sama sekali, kita siapkan mobil tangki, jika ada laporan kita akan antar kesana. namun tidak bisa setiap hari, karena banyak yang harus dilayani juga.

Sedangkan untuk musim hujan, walaupun musim hujan bukan berarti air melimpah. Musim hujan juga bisa menimbulkan masalah, seperti air terlalu berlumpur untuk diolah. biasanya jika musim hujan sedikit-sedikit kita bongkar pipa untuk bersihkan.

3. Belajar dari 2017, apa kendala yang masih menghambat kinerja PDAM Kota Makassar ???

Hambatannya kita liat dalam bekerja mengelola air baku, karena dibutuhkan koordinasi dengan yang lain.

Misalnya kalau ada kebocoran di jalan-jalan besar, kalau mau mengerjakan pipa itu kita harus izin di pusat ataupun provinsi, dan bayangkan jika izinnya keluar lama. satu minggu saja izin lambat keluar menimbulkan kerugian karena air tidak sampai ke masyarakat dan pemasukkan PDAM berkurang.

kewenangannya itu di pemerintah pusat, jadi disitu keterkaitannya instansi lain dengan PDAM, belum tentu bisa cepat selesaikan masalah kalau belum dapat izin.

Syukur di akhir tahun 2017 PDAM sudah banyak melakukan koordInasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi, termasuk dukungan pengelolaan air baku.

4. Apakah akan ada kerjasama dengan pihak lain lagi di tahun 2018 untuk meningkatkan kinerja PDAM Kota Makassar ???

Kita butuh investasi dengan yang lain, kita tetap harus berinvestasi, karena tidak mungkin hanya menggunakan dana PDAM yang terbatas dalam melayani kebutuhan masyarakat akan air.

Akan ada terobosan yang cepat tahun ini, kami juga mencari tempat investasi yang pas dan menguntungkan bagi PDAM, sudah banyak yang mengajak kerjasama tapi kita masih pilih-pilih yang sesuai.

dari pemerintah Pusat maupun daerah ada, pihak swasta juga ada, bahkan dari pihak asing atau negara lain juga ada. semuanya masih kita proses.

5. Apa solusi yang ditawarkan manajemen PDAM buat menjamin kendala-kendala yang terjadi selama ini tidak menghalangi lagi di tahun 2018 ??? 

Pada tahun 2018, PDAM Kota Makassar memberikan peningkatan mutu dengan beberapa pembaharuan yang fokus pada pengembangan pelayanan di wilayah utara dan timur Kota Makassar.

Reservoir yang di Gatot Subroto kita tingkatkan naik untuk menjamin masyarakat di daerah utara, yang dari 2-3 jam dapat air bisa sampai 12 jam, sehingga air bisa terjangkau.

PDAM Kota Makassar juga merencanakan pembangunan dua instalasi baru dan meningkatkan instalasi yang berada di Antang untuk membantu menjamin daerah Panakukang dan sekitarnya. Kita juga akan membangun instalasi dalam mengelola potensi sungai tallo.

6. Bagaimana dengan pencapaian Anda di tahun 2017. Apakah manajemen Anda sudah bekerja dua kali tambah baik ???

PDAM Kota Makassar selama 2017 telah melakukan beberapa pembenahan, seperti perbaikan pipa-pipa bocor yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan hingga pemantauan dan pemberian denda kepada pelanggan yang melakukan kecurangan dengan melakukan pencurian air.

Terkhusus tempat-tempat kos yang biasa didapat melakukan pelanggaran ini.

7. Anda pernah berjanji akan menerapkan teknologi baru di masa jabatan anda. Apakah itu sudah terealisasi ???

Kami sudah punya inovasi terbaru untuk pelanggan air seperti meteran digital yang lebih efektif mengukur pemakaian air serta memperluas cakupan air PDAM di tempat-tempat potensial. Termasuk untuk daerah-daerah baru. Kita ada rencana untuk membangun instalasi disana, seperti daerah barombong.

8. Apa pesan anda untuk warga kota Makasssar, khususnya pelanggan PDAM Kota Makassar ???

Haris Yasin Limpo juga menegaskan agar masyarakat Kota Makassar untuk bijak dalam menggunakan pemakaian air mengingat bahwa air merupakan sumber kehidupan dan hal yang harus dilestarikan untuk generasi di masa mendatang. (*)