Perusda
Bank SUlsel Bar

Begini Hilangkan Minyak Membandel pada Cucian Piring

on 21/6/18 Oleh Nur Fadhila Sofyan
Begini Hilangkan Minyak Membandel pada Cucian Piring
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com -- Usai mengadakan acara kumpul keluarga, cucian piring biasanya memang lebih banyak dan beragam dari biasanya. Lantas minyak pada cucian piring seringkali lebih sulit untuk dibersihkan. Padahal jika dicuci tidak bersih, minyak sisa makanan akan meninggalkan noda yang justru semakin sulit dibersihkan.

Peralatan makan dan masak pun akan terlihat lama dan kusam dengan noda minyak. Untuk membuat peralatan makan dan masak terlihat baru lagi, berikut cara yang bisa dilakukan pada cucian piring Anda.

1. Masukkan sabun cuci dan air secukupnya ke alat makan atau masak yang ditempeli minyak membandel, aduk-aduk hingga berbusa. Diamkan selama satu jam, kemudian usap dengan spons hingga minyak menghilang. Jika noda sudah mengeras, maka Anda bisa menggunakan scrub non-abrasif sehingga tidak merusak perlengkapan makan dan masak itu.

2. Masukkan cuka putih yang dicampur dengan satu atau dua mangkuk air ke alat makan dan masak. Fokuskan pada area di mana minyak banyak menempel. Anda juga bisa memanaskan cairan tersebut supaya bekerja lebih baik dalam menghilangkan minyak. Kemudian, bilas dengan air hangat.

3. Minyak membandel yang menempel pada perlengkapan masak seperi wajan dapat dihilangkan dengan mudah yakni dengan memasukkan alat masak tersebut ke dalam freezer selama 30 menit. Minyak akan mengeras sehingga mudah dikerok dan dibuang dari perlengkapan masak tersebut.

3. Tempat Cuci Piring Terpisah
Ruang pencuci piring terpisah jauh dari tempat menjajakan makanan.

4. Minyak untuk membersihkan minyak, mengapa tidak? Anda dapat menggunakan garam dan minyak sayur untuk membersihkan minyak dan lemak membandel yang menempel pada perlengkapan makandan masak. Gunakan pasta tersebut untuk membersihkan noda yang menempel pada alat makan atau masak, kemudian bilas hingga bersih.