Perusda
Bank SUlsel Bar

Tompobulu Maros Kaya Dengan Pesona Air Terjun

on 20/6/18 Oleh Fritz Wongkar
Tompobulu Maros Kaya Dengan Pesona Air Terjun
Air Terjun Saliu' Tompobulu, Maros [Dok: KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com -- Menikmati alam dengan air terjun sangatlah menarik untuk kita kunjungi. Di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan memiliki banyak obyek wisata alam mulai dari Taman Wisata Alam Bantimurung, Cagar Budaya Leang-leang, dan wisata alam Karts Rammang Rammang yang terkenal. Namun tak banyak pula yang mengetahui jika masih ada beberapa wilayah di Kabupaten Maros yang belum kelihatan dengan keindahan alam.

Kecamatan Tompobulu merupakan wilayah terluas dari 14 kecamatan yang ada di Maros. Selain itu puluhan air terjun di wilayah Tompobulu pun menarik untuk dikunjungi. Menariknya Air Terjun Pung Bunga yang saat ini sudah mulai terpantau rame sejak lebaran Idul Fitri 1439 H. Dihari pertama obyek wisata tersebut sudah ribuan pengunjung datang kelokasi yang jaraknya 50 kilometer dari Kota Makassar melalui jalur Bumi Tamalanrea Permai (BTP) atau Paccerakkang Daya Makassar menuju Maros.

"Lebaran pertama banyak sekali pengunjung datang, didepan rumah saja hampir tidak berhenti lewat depan rumah, mulai mobil dan motor. Tujuannya itu sampai ke air Terjun PUng Bunga"kata Tompo warga Dusun Baru, Desa Bontomanurung saat ditemui KabarMakassar.com 18 Juni 2018 lalu.

Obyek wisata tersebut sudah mulai dikenal meski jarak tempuh yang cukup jauh dan memakan waktu 2 jam lebih ke lokasi tersebut dari kota Makassar. Jalan menuju lokasi air terjun bisa melalui via BTP atau Daya ke Moncongloe, kompleks TNI Zipur, Pucak, Masale kini mulai terpantau lancar karena sudah memiliki jalan yang di cor. Namun jalan cor pun terputus hingga tiba di Desa Bontomanurung yang jaraknya bisa memakan waktu 15 menit untuk tiba.

Tidak hanya Air Terjun Pung Bunga, ternyata hasil penelusuran KabarMakassar.com dilokasi tersebut masih ada beberapa air terjun menarik dan cukup ekstrem untuk dikunjungi seperti Air Terjun Saliu dan air terjun Jami. Dimana air terjun tersebut tidak jauh dari air terjun Pung Bunga di Tompobulu.

Air Terjun Saliu memiliki keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi, air yang jernih berasal dari pegunungan Bonto Somba ini memikat para penikmat wisata air terjun. Lokasi cukup ekstrem dimana pengunjung harus mendaki sekira 15 menit ke lokasi tersebut dan merupakan perbukitan yang terjal untuk menggapainya. Dimana air terjun ini sangatlah cocok untuk para pendaki atau traveller yang ingin menggapai air terjun indah ini.

Air Terjun Saliu yang juga berada dalam wilayah desa Bonto manurung ini ternyata sangat dekat dengan kabupaten Bone. Dimana lokasi tersebut sudah masuk wilayah perbatasan Maros-Bone.

Sebelum menuju air terjun Saliu' masih ada air terjun indah lainnya di Tompobulu yakni air terjun Jami. Meski jarang yang mengunjungi lokasi ini namun keindahannya terbayar dengan pesona alam dari air terjun ini. Untuk mendapati lokasi ini jarak tempuh hanya menempuh waktu 10 menit dari dusun Baru Bonto Manurung. Karena air terjun ini lebih dahulu dilalui sebelum tiba di air terjun Saliu.

Untuk diketahui pula jika obyek wisata tersebut tak dipungut biaya sama sekali. Bahkan warga masyarakat meminta hanya untuk saling menjaga kebersihan dan kelestarian bisa terjaga. "Hanya cukup jaga saja kebersihan dan memiliki santun terhadap warga sekitar itu sudah cukup"kata Daeng Lajju' yang mendampingi tim KabarMakassar.com melalukan eksplore di obyek wisata air terjun di Maros.

Daeng Lajju mengatakan jika di Tompobulu memiliki banyak potensi wisata alam termasuk yang air terjun yang dimiliki hingga puluhan lebih. "Di Tompobulu ini banyak sekali tempat air terjun, jadi memang butuh sepekan untuk mengunjungi semua air terjun di Tompobulu"tambah Daeng Lajju yang sehariannya berkebun dan mencari madu di Tompobulu Maros.

Berikut deretan air terjun yang ada di Maros, Sulawesi Selatan.
1. Air Terjun Lacolla (Cendrana)
2. Air Terjun Bantimurung (Maros)
3. Air Terjun Lengang (Bontomanai)
4. Air Tejun Taipa (Tompobulu)
5. Air Terjun Saliu (Tompobulu)
6. Air Terjun Jami (Tompobulu)
7. Air Terjun Pung Bunga (Tompobulu)
8. Air Terjun Cinta (Beng0-bengo)
9. Air Terjun Tujua (Tompobulu)
10. Air Terjun Batu Mujur (Bengo-Bengo)
11. Air Terjun Maddengge (Camba)
12. Air Terjun Cindako (Tompobulu).