Kabar Makassar

12 Stadion Megah di Piala Dunia 2018 Rusia

  • Rubrik : Olahraga
  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : 1 pekan, 4 hari lalu
12 Stadion Megah di Piala Dunia 2018 Rusia
Ilustrasi

KabarMakassar.com – Piala Dunia sebagai salah satu kompetisi olahraga yang paling banyak disaksikan di dunia. Piala Dunia akan dimulai pada Kamis 14 Juni 2018 yang akan mempertemukan tuan rumah Rusia dan Arab Saudi.

Rusia selaku tuan rumah  mempunyai wilayah yang sangat luas menyiapkan 12 stadion untuk  Piala Dunia 2018.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai 12 stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2018 :

1. Luzhniki Stadium, Moscow

Stadion ini mempunyai  kapasitas untuk menampung 80.788 ribu penonton. Stadion ini sendiri akan menyelenggarakan tujuh pertandingan. Rusia vs Saudi Arabia (fase Grup A), Jerman vs Meksiko (fase grup F), Portugal vs Moroko (fase grup B), Denmark vs Prancis (fase Grup C), pertandingan babak 16 besar antara juara Grup B dan runner-up Grup A, satu pertandingan semifinal, dan juga partai final Piala Dunia Rusia 2018.

2.  Krestovsky Stadium, Saint Petersburg

Stadion ini bisa menampung  68.314 ribu penonton. Stadion ini akan menyelenggarakan tujuh pertandingan. Moroko vs Iran (fase Grup B), Rusia vs Mesir (fase Grup A), Brasil vs Kosta Rika (fase Grup E), Nigeria vs Argentina (fase Grup D), pertandingan babak 16 besar antara juara Grup F dan runner-up Grup E, satu pertandingan semifinal, serta pertandingan perebutan juara ketiga. 

3.   Volgograd Arena, Volgograd

Stadion Volgograd mempunyai kapasitas menampung 45.568 ribu penonton. Di stadion ini akan ada empat pertandingan yang seluruhnya merupakan pertandingan pada fase grup. Tunisia vs Inggris (Grup G), Nigeria vs Islandia (Grup D), Saudi Arabia vs Mesir (Grup A), dan Jepang vs Polandia (Grup H). 

4.  Otkritie Arena, Moscow

Stadion ini berkapasitas 45.360 ribu penonton. Stadion ini akan menyelenggarakan lima pertandingan. Argentina vs Islandia (fase Grup D), Polandia vs Senegal (fase Grup H), Belgia vs Tunisia (fase Grup G), Serbia vs Brasil (fase Grup E), dan pertandingan babak 16 besar antara juara Grup H menghadapi runner-up Grup G. 

5. Cosmos Arena, Samara

Stadion ini berkapasitas 44.918 ribu penonton. Stadion ini akan menyelenggarakan enam pertandingan. Kosta Rika vs Serbia (fase Grup E), Denmark vs Australia (fase Grup C), Uruguay vs Rusia (fase Grup A), Senegal vs Kolombia (fase Grup H), satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup E dan runner-up Grup F, dan satu pertandingan babak perempat final.

6.  Kazan Arena, Kazan

Berkapasitas 45.379 ribu penonton. Stadion ini akan digunakan untuk menyelenggarakan enam pertandingan. Prancis vs Australia (fase Grup C), Iran vs Spanyol (fase Grup B), Polandia vs Kolombia (fase Grup H), Korea Selatan vs Jerman (fase Grup F), satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup C dan runner-up Grup D, dan satu pertandingan babak perempat final. 

7. Rostov Arena, Rostov-on-Don

Stadion yang khusus dibangun untuk Piala Dunia 2018 ini berkapasitas 45.145 ribu penonton. Stadion ini akan menyelenggarakan lima pertandingan. Brasil vs Swiss (fase Grup E), Uruguay vs Saudi Arabia (fase Grup A), Korea Selatan vs Meksiko (fase Grup F), Islandia vs Kroasia (fase Grup D, dan satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup G menghadapi runner-up Grup H. 

8. Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod

Stadion ini juga dibangun untuk pertandingan Piala Dunia 2018 berkapasitas 45.331 ribu penonton. Stadion ini akan digunakan untuk menyelenggarakan enam pertandingan. Swedia vs Korea Selatan (fase Grup F), Argentina vs Kroasia (fase Grup D), Inggris vs Panama (fase Grup G), Swiss vs Kosta Rika (fase Grup E), satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup D dan runner-up Grup C, dan satu pertandingan babak perempat final. 

9. Mordovia Arena, Saransk

Stadion yang terletak di daerah paling kecil di Rusia ini berkapasitas 44.442 ribu penonton.  Stadion ini akan menyelenggarakan empat pertandingan yang seluruhnya berada pada fase grup. Peru vs Denmark (Grup C), Kolombia vs Jepang (Grup H), Iran vs Portugal (Grup B), dan Panama vs Tunisia (Grup G).

10.  Fisht Olympic Stadium, Sochi

Stadion ini berkapasitas 47.659 ribu penonton. Laga-laga Portugal vs Spanyol (fase Grup B), Belgia vs Panama (fase Grup G), Jerman vs Swedia (fase Grup F), Australia vs Peru (fase Grup C), satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup A dan runner-up Grup B, dan satu pertandingan babak perempat final akan diselenggarakan di stadion ini.

11.  Kaliningrad Stadium, Kaliningrad

Stadion ini berkapasitas 35.212 ribu penonton. Stadion ini akan digunakan untuk menyelenggarakan empat pertandingan, seluruhnya pada fase grup. Kroasia vs Nigeria (Grup D), Serbia vs Swiss (Grup E), Spanyol vs Moroko (Grup B), dan Inggris vs Belgia (Grup G).

12.  Central Stadium, Yekaterinburg

Stadion ini merupakan stadion paling kecil dan hanya berkapasitas 35.696 ribu penonton. Stadion ini akan menyelenggarakan empat pertandingan, seluruhnya sepanjang fase grup. Mesir vs Uruguay (Grup A), Prancis vs Peru (Grup C), Jepang vs Senegal (Grup H), dan Meksiko vs Swedia (Grup F). 

[Laurensia Maggie Picarima]


Pemprov 1