Perusda
Bank SUlsel Bar

Cara Masak Daging Rendang agar Tidak Alot

on 14/6/18 Oleh Redaksi
Cara Masak Daging Rendang agar Tidak Alot
Ilustrasi

KabarMakassar.com – Daging rendang merupakan salah satu menu favorit saat Lebaran yang disantap dengan ketupat . Untuk memasak daging rendang membutuhkan waktu yang lama.

Dilansir Liputan6.com - Seringkali karena cara mengolah yang tidak tepat, daging rendang yang dimasak terasa alot dan susah dikunyah. Nah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Memipihkan daging

Trik pertama yang dapat dilakukan adalah memipihkan daging yang akan digunakan. Potong-potong terlebih dahulu dan cuci bersih baru dipotong dan dipipihkan.

Caranya mudah, cukup pukul-pukul dengan alat pemukul daging agar bentuknya menjadi agak pipih. Dengan cara ini, daging yang dimasak tidak terlalu tebal, sehingga lebih empuk.

2. Daun Pepaya

Anda juga bisa memanfaatkan daun pepaya untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Caranya, cukup balut daging yang sudah dibumbui dengan daun pepaya selama kurang lebih satu jam. Enzim dalam daun pepaya akan membantu daging menjadi lebih empuk.

3. Buah nanas

Nanas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Parut atau blender terlebih dahulu blender tersebut, kemudian baluri ke daging dan biarkan lebih kurang 30 menit. Pilih nanas yang masih muda karena kandngan enzim bromelinnya ampuh untuk menguraikan serat pada daging sapi agar lebih empuk.