Perusda
Bank SUlsel Bar

Sajian Khas Bugis ini Wajib ada Saat Lebaran

on 8/6/18 Oleh Nur Fadhila Sofyan
Sajian Khas Bugis ini Wajib ada Saat Lebaran
Bajabu kaluku.(Ist)

KabarMakassar.com -- Berbagai tradisi seperti mudik dan berkunjung silaturahim sepertinya akan menjadi hal yang menyenangkan untuk beberapa hari ke depan. Dan satu hal yang paling ditunggu-tunggu adalah menu makanannya. 

Apalagi, Hari Raya Idul Fitri ini hanya ada satu tahun sekali. Merayakan hari raya lebaran merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu umat Islam. Karena di saat itulah kesempatan terbesar berkumpul dan bersilaturahmi dengan Orang Tua, Saudara, hingga teman lama. Sebagai moment perayaan dan ajang berkumpul, makanan khas lebaran tentu menjadi salah satu yang wajib ada.

Karena hanya setahun sekali, makanan-makanan yang disajikan adalah makanan yang khas terutama sajian makanan suku bugis dan tentu saja enak-enak, simak resep di bawah ini:

1. Resep Bajabu Kaluku ala Bugis
Bahan-bahan:

-1 butir kelapa parut,buka kulit arinya sebelum diparut
-1/2 kg Ikan Tongkol,bisa dikukus atau dipanggang

Bumbu-bumbu:
-10 siung bawang Merah
-4 Siung bawang putih
-5 batang sereh
-5 iris lengkuas
-4 iris Jahe
-5 biji Cabe keriting
-1/2 sdt lada bubuk
-1 sdt kunyit bubuk
-Garam
-Kaldu bubuk secukupnya
-Minyak buat menumis

Cara Membuat:

Suwir halus ikan yang sudah dikukus atau dipanggang,sisihkan.haluskan semua bumbu,tumis dengan sedikit minyak.kalau sudah harum,masukkan ikan.Aduk rata,masukkan kelapa parut.aduk terus hingga kelapa hampir kering,saya suka sedikit lembab. Bajabu Kaluku siap santap.Nikmat ditabur diatas nasi panas atau santap dengan buras.

2. Burasa

Nah, ini adalah salah satu hidangan yang paling penting. Tak lengkap rasanya bila menikmati kedua hidangan diatas tanpa merasakan Burasa'. Jika di daerah lain ketupat jadi primadona saat Lebaran, di Makassar, Burasa jadi “ketupat” alternatif yang jadi favorit masyarakat Makassar.

Burasa berbahan dasar beras pulen yang dimasak bersama santan kental hingga setengah matang, ada juga yang menambahkan daun pandan atau daun salam untuk mendapatkan wangi yang khas.

Bahan yang kamu butuhkan
-1/2 kg beras cuci bersih
-500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
-2 lembar daun salam
-1 batang serai
-Garam secukupnya
-Daun pisang dan tali

Cara membuat:

-Kukus beras sampai setengah matang, lalu angkat. Campur dengan santan mendidih, daun salam, sereh, dan garam. Aduk rata.

-Masak beras setengah matang sampai santan terserap. Tumbuk sampai agak hancur.

-Ambil 2 sendok makan beras setengah matang. Bungkus dengan daun pisang bentuk lonjong.

-Ikat tiap dua bungkus jadi satu ikatan.

-Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan bungkusan tersebut. Rebus selama 2 jam. Jika air rebusan habis, tambahkan air panas.

-Angkat dan Hidangkan buras selagi hangat

Nah, sudah tahu kan hidangan Lebaran seperti apa yang jadi khas suku Bugis. Beberapa mungkin sering dijumpai di hari-hari biasa, namun rasanya pasti berbeda jika dinikmati saat Lebaran. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
[Nur Fadhilah Sophyan]