Perusda
Bank SUlsel Bar

Festival Pinisi Sebagai 100 Wonderful Events Indonesia 2018

Kepariwisataan Sulsel

on 5/2/18 Oleh Nur Marwah
Festival Pinisi Sebagai 100 Wonderful Events Indonesia 2018
[Foto: Nur Marwah / KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com --- Soft Launching pembukaan dari Event Pariwisata Bulukumba Tahun 2018 berlangsung untuk yang ke-8.

Pinisi telah menjadi warisan budaya tak benda dunia dari UNESCO. Bulukumba bekerja sangat giat disektor pariwisata untuk  rakyatnya sebagai salah satu sumber kesejahteraan rakyat.

Ini juga yang menjadi tema hari jadi tahun ini, "Pariwisata Bangkit Masyarakat Bulukumba Sejahtera".

AM Sukri Sappewali mengatakan bahwa ada dua hal istimewa yang terjadi di Bulukumba, yakni Kapal Pinisi sebagai warisan dunia.

Kedua telah hadirnya Festival Pinisi ke delapan dan tahun ini menjadi event wisata internasional. 

"Pinisi telah resmi menjadi Warisan Budaya Dunia Takbenda dari UNESCO yang menandakan bahwa Bulukumba yang menjadi pusat dan penjaga tradisi pembuatan perahu Pinisi tiada henti bekerja untuk menghasilkan maha karya kelas dunia," kata Sukri.

Festival Pinisi yang tiap tahun dilaksanakan, tapi tahun 8ni dinilai sangat istimewa. Karena keberhasilannya menjadi bagian dari 100 Wonderful Events Indonesia 2018 yang dirilis Kementerian Pariwisata secara resmi akhir tahun 2017 yang lalu.

"Masuknya Festival Pinisi dalam 100 Wonderfull Events tersebut menjadi tonggak sejarah tersendiri dalam bangkitnya pariwisata Bulukumba yang memiliki potensi wisata yang beragam dan eksotis," sebut AM Sukri Sappewali.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata melakukan Soft Launching Event Pariwisata Bulukumba pada momentum Hari Jadi Bulukumba ke-58 pada 4 Februari 2018.

Selain Festival Pinisi yang digelar 13-16 September 2018, beberapa event pariwisata yang akan dihadirkan di Kabupaten Bulukumba, diantaranya Off Road Jelajah Hutan Karet (16-17 Februari), Bira Beach Run (30 April-1 Juni), Senandung Kopi Kahayya (8 September), Adventure Trail Kahayya (9 September), dan Pesta Rakyat (29-31 Desember).

SYL sendiri mengatakan bahwa tuhan memberikan karunia luar biasa bagi Bulukumba berupa kekayaan alam Pantai Bira dan kekayaan budaya kapal Pinisi.

"Allah telah mentakdirkan Bulukumba menjadi daerah indah,  Allah menakdirkan Pinisi lahir dari sini, kita mengangkat mutiara dari selatan, yaitu Bira dari Bulukumba," ujar SYL.