Perusda
Bank SUlsel Bar

Perjuangan Real Madrid-Liverpool di Final Liga Champions

Terbit 27/5/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Perjuangan Real Madrid-Liverpool di Final Liga Champions
Kebahagiaan Real Madrid usai memenangkan Liga Champions.(Ist)

KabarMakassar.com -- Pertandingan luar biasa yang disuguhkan oleh Liverpool dan Real Madrid dalam final Liga Champions tidak dapat diragukan telah menghipnotis seluruh penggemar sepak bola saat bertanding di Kiev, Minggu dini hari, 27 Mei 2018.

Perjuangan Real Madrid untuk mempertegas posisinya sebagai juara di ajang bergengsi ini dengan kemenangan 3-1 atas Liverpool juga tidak mudah diraih. Pasalnya, Real Madrid baru bisa merespons serangan Liverpool yang agresif sejak pertandingan dimulai baru mendapatkan peluang ketika Mohamed Salah ditarik keluar akibat cedera bahu yang dideritanya saat berbenturan dengan Sergi Ramos.

Sebelumnya, diawal pertandingan Liverpool mendapat peluang pertama lewat Mohamed Salah pada enam menit pertama laga dimulai. Sayangnya peluang tersebut tidak dapat membuahkan sebuah gol bagi klub bola merah itu.

Lima menit kemudian Real Madrid maju menunjukkan aksi Marcelo walau berakhir sama dengan tendangan yang masih belum bisa memberikan skor akibat melencengnya tendangan Marcelo ke sisi kanan gawang. 

Usaha demi usaha kedua tim dalam memecahkan angka kosong pada papan skor kemudian berbuah manis pada tim Real Madrid setelah Mohamed Salah sebagai posisi bomber dari mesir itu digantikan oleh Adam Lallana. Perubahan pola permainan terlihat jelas ketika menit ke-42, Karim Benzema menggetarkan jaring gawang lawan walau tidak berakhir dengan baik akibat posisi offside Benzema yang mengakhiri skor 0-0 pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, skor pecah pada menit ke-51 diberikan oleh Karim Benzema setelah memanfaarkan kesalahan Loris Karius. Empat menit kemudian, Liverpool mengejar dengan menyamakan kedudukan berkat Sadio Mane bersama Dejan Lovren. 

Para suporter Liverpool kembali terdiam pada menit ke-83 setelah kiper asal Jerman itu salah mengantisipasi tendangan Bale dari luar kotak penalti yang menciptakan skor 3-1 bdengan kemenangan sementara bagi Real Madrid.

Harapan Liverpool untuk terus berjuang memperebutkan juara kemudian sirna ketika peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiupkan oleh wasit. Real Madrid kembali mengangkat piala sebagai juara untuk kali ketiga secara beruntun.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp menyesali perbuatan Ramos terhadap Salah yang dianggap seperti olahraga gulat hingga mencederai Salah dan mengganggu para pemain Liverpool.

"Itu seperti gulat. Dia terjatuh di pundaknya dan itu benar-benar cedera serius. Sudah jelas itu kejutan bagi pemain dan kami agak terguncang," kata Klopp, seperti dilansir Sky Sports.

Klopp mengatakan Liverpool masih menunggu kabar dari rumah sakit terkait cedera bahu Salah yang mengancam posisi Salah untuk absen di Piala Dunia 2018.

"Saya pikir dia di rumah sakit untuk X-ray. Saya pikir antara cedera tulang leher atau bahunya. Jadi tidak terlihat bagus. Tentu saja itu adalah momen besar dalam permainan. Saya tahu jika Anda mengatakan sesuatu seperti itu setelah pertandingan, kedengarannya seperti Anda adalah pecundang yang buruk, tetapi saya pikir itu adalah duel yang keras," ujar Klopp.

Klopp mengakui bahwa Real Madrid memanfaatkan momentum cederanya Salah. Klopp menyatakan timnya tidak dalam suasana terbaik ketika final Liga Champions.

"Real menggunakan itu sebagai momentum positif dan kami agak bertahan di paruh waktu dan kemudian mengubah beberapa hal. Kemudian saat-saat menentukan lainnya adalah gol-gol yang cukup aneh. Begitulah. Kami semua tahu hasilnya, dan itu sebabnya kami tidak dalam suasana hati yang terbaik," ungkap Klopp.

Adapun susunan pemain pertandingan Final Liga Champions tadi malam sebagai berikut:

Real Madrid (4-3-1-2): Keylor Navas; Dani Carvajal (Nacho 37'), Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Isco (Gareth Bale 60'); Karim Benzema, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Zinedine Zidane (Prancis)

Liverpool (4-3-3): Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah (Adam Lallana 31'), Roberto Firmino, Sadio Mane.

Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Wasit: Milorad Mazic (Serbia)