Perusda
Bank SUlsel Bar

Es Kepal Milo: Peluang Usaha Dibalik Cemilan Viral

on 23/5/18 Oleh Redaksi
Es Kepal Milo: Peluang Usaha Dibalik Cemilan Viral
Echa pemilik Es Kepal Milo Bumi bertempat di Tamalanrea Permai blok M.(Foto: KabarMakassar.com)

KabarMakassar.com -- Satu lagi jajanan yang berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia tanpa terkecuali masyarakat Kota Makassar. Perhatian trend kuliner ini tidak luput dari cemilan yang menjadi viral sejak awal Mei 2018 lalu, yakni Es Kepal Milo.

Cemilan viral yang diduga pertama kali muncul di Malaysia sebelum akhirnya menjadi camilan kekinian masyarakat Indonesia termasuk Kota Makassar kemudian banyak menginspirasi masyarakat untuk ikut membuka usaha Es Kepal Milo. 

Berawal dari pengalaman salah satu sang pemilik Es Kepal Milo Asoooyyyy yang bertempat di Bumi Tamalanrea Permai Blok M, Reza Zairah Alwiwikh selaku penjual Es Kepal Milo Asoooyyyy menjelaskan keuntungan dibalik jajanan viral ini menjadi motivasinya untuk terus mengembankan usahanya.

"Awalnya saya cuman melihat keadaan Kota Makassar kalau ada yang baru pasti bakalan booming, waktu itu es kepal milo masih sedikit namun saya lihat di Jakarta sudah booming," ujar perempuan yang kerap disapa Echa. 

Melihat telah banyaknya bisnis kecil Es Kepal Milo di Ibu Kota, niat Echa kemudian muncul untuk ikut membuka usaha Es Kepal Milo di Kota Makassar.

"Saya memulai usaha ini dari 30 April 2018 di tempat ini, jalan poros BTP," lanjut Echa. 

Alhasil, Echa telah berhasil menambah pemasukan keluarganya dengan total penjualan maksimal Rp 6.000.000.

"Memberikan banyak keuntungan semakin hari semakin banyak peminat, dalam sehari maksimal sebanyak 400 cup es kepal yang habis terjual. Yah mungkin paling sedikitnya itu 200 cup," jelas Echa.

Dengan usahanya yang semakin lancar, Echa mengaku akan tetap berusaha meskipun nanti Es kepal milo tidak booming lagi, " saya tidak akan menutup usaha ini, karena tiap orang akan mencari jajanan yang segar-segar dan saya akan menambahkan varian lain," harap Echa. 

Jam operasional Es Kepal Milo milik Echa mulai dibuka pada pukul 14:00-21:00 WITA dengan kisaran harga mulai Rp 10.000 hingga Rp 15.000

"Adapun varian yang disediakan yaitu Es Kepal Milo Biasa,  Es kepal milo special dengan berbagai macam toping,  es kepal matcha,  es kepal ovaltine,  dan es kepal alvokat," jelasnya.

Perlu diketahui, besaran kalori dalam Es Kepal Milo setara dengan kalori yang anda terima saat mengkonsumsi nasi padang yakni untuk satu porsi biasa Es kepal Milo terdapat setidaknya sekitar 500–1.000 kalori tergantung porsi yang disajikan sedangkan seporsi nasi Padang memiliki sekitar 600–700 kalori dengan perhitungan 100 gram susu Milo kental mengandung 350–500 kalori, 18 gram susu Milo bubuk mengandung 110 kalori, 1 buah biskuit oreo mengandung 30–50 kalori, Kacang tanah sekitar 10 sampai 20 kalori.

[Laurensia Maggie Picarima]