Perusda
Bank SUlsel Bar

Pentingnya Asupan Sayur dan Buah Saat Berpuasa

on 18/5/18 Oleh Redaksi
Pentingnya Asupan Sayur dan Buah Saat Berpuasa
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com -- Sesuai yang disunnahkan, berbuka puasa sebaiknya dengan yang manis-manis. Masyarakat muslim akrab berbuka dengan makanan seperti kurma dan minuman seperti dawet, kolak dan es cendol yang kemudian dilanjut dengan makanan kelas berat. Lantas, dimanakah peran buah dan sayur dalam menu berbuka?

dr. Uditia Alham Sakti, Dokter Umum dan Founder Dari Komunitas Health & Youth mengungkapkan buah dan sayur dalam menu buka puasa harus menjadi prioritas.

"Menyangkut hidangan wajib konsumsi selama puasa, anda bisa memprioritaskan buah dan sayuran yang merupakan sumber elektrolit terbaik bagi tubuh. Keseimbangan elektrolit sangat penting bagi sel-sel dan berbagai organ tubuh untuk berfungsi normal, " ungkapnya.

dr. Uditia menjelaskan buah-buahan dan sayuran berperan sebagai gudang vitamin dan mineral, buah-buahan dan sayuran mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang tentunya sangat baik untuk asupan kesehatan anda selama berpuasa. Mulai dari Vitamin A, Beta Karoten, Vitamin C, Magnesium, Zinc, Fosfor, hingga Asam Folat yang dibutuhkan untuk sel tubuh, terutama saat anda berpuasa.

"Selain itu buah dan sayuran juga kaya akan serat, rendah lemak, minimal kandungan garam, sedikit gula yang tentunya sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda selama berpuasa. Konsumsi banyak buah dan sayuran saat berbuka dan sahur juga dapat membantu memelihara stabilitas tekanan darah anda, menurunkan kolesterol dan mengurangi peluang terjadinya obesitas atau kegemukan," tambahnya.

Selanjutnya, efek konsumsi buah dan sayuran dapat mencegah terjadinya penyakit, buah-buahan dan sayuran mengandung fitokemikal yang merupakan komponen aktif danal buah dan sayuran untuk melindungi tubuh anda dari berbagai jenis penyakit, beberapa studi juga memperlihatkan jika anda rutin mmekan buah dan sayuran maka akan menurunkan terjadinya diabetes, stroke, penyakit jantung, kanker dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Saat puasa, usus akan mengecil karena tak ada makanan yang masuk. Makanan pertama yang dimakan saat berbuka sangat penting untuk menyegarkan tubuh kembali, misalnya buah dan sayur yang mudah dicerna usus. Buah dan sayuran juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Bagi pasien dengan kondisi tertentu, misalnya memiliki penyakit jantung, konsumsi buah dan sayur penting untuk mengimbangi asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Lemak jahat, terutama kolesterol, akan terserap ke dalam tubuh dan dapat tertimbun dalam lapisan dalam pembuluh darah.

"Penimbunan ini jika dibiarkan lama akan menumpuk hingga akhirnya menyumbat aliran darah. Akibatnya dapat menimbulkan gangguan di sekitar penyumbatan karena sel-sel tubuh tak mendapat asupan nutrisi dan oksigen. Jika terjadi di pembuluh jantung, akan menyebabkan sakit jantung, sedangkan jika terjadi di otak akan memicu stroke," tutupnya.

Kesimpulannya, asupan buah dan sayuran yang baik ditambah pola makan teratur saat berpuasa akan sangat menunjang kesehatan anda. Tapi ingat, setelah berbuka masih ada ibadah sholat tarawih yang memakan waktu tak sebentar. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang dapat memicu produksi gas di saluran cerna yang dapat mengganggu kenyamanan saat beribadah.

[Nur Fadhilah Sophyan]