Perusda
Bank SUlsel Bar

Ingin Diet Selama Bulan Ramadhan, ini Tipsnya

Terbit 16/5/18 Oleh Redaksi
Ingin Diet Selama Bulan Ramadhan, ini Tipsnya
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com -- Menjalankan puasa sambil diet? Tenang, ada beberapa tips dalam memilih menu berbuka puasa yang dapat membantu .

Dilansir Tempo.co, yang perlu diketahui untuk melakukan diet selama bulan puasa adalah tidak dianjurkannya untuk melakukan diet-diet ekstrem yang bisa dilakukan pada hari biasa. Hal ini karena jeda waktu antara waktu sahur dan berbuka puasa yang sangat panjang tidak dapat mencegah bahaya efek samping diet ekstrem terkhusus saat tidak dapat memilih menu yang memiliki nutrisi cukup.

Jadi, agar diet selama bulan puasa ini sukses, simak beberapa tips berikut ini:

1. Ikan sebagai lauk

Ikan merupakan pilihan menu berbuka puasa yang cocok bagi yang sedang berdiet. Para ahli kesehatan menyebutkan ikan salmon dan tuna adalah dua jenis ikan yang paling baik untuk di jadikan menu berbuka puasa selama diet. Hal ini karena kedua jenis ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 

Tapi perhatikan cara memasak ikannya. Sebaiknya dipanggang, dibakar, atau direbus. Jika bosan, bisa menggantinya dengan ikan gurame. 

2. Mengganti nasi putih dengan nasi merah

Tips yang kedua ini pasti sudah sering didengar. Nasi merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna didalam tubuh dibandingkan dengan nasi putih, alhasil rasa kenyang akan bertahan lebih lama. 

3. Hindari makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung lemak yang sangat tinggi yang dapat membuat  cepat merasa mengantuk, padahal selama bulan puasa pola hidup akan berubah (pola makan dan istirahat akan lebih panjang). Alhasil lemak di badan kalian justru akan semakin menumpuk. 

4. Konsumsi makanan berserat

Tips keempat untuk memilih menu berbuka puasa bagi yang sedang berdiet adalah dengan memilih menu makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayur ini bisa dimasukkan ke dalam hidangan pembuka yaitu seperti salad atau takjil. Makanan berserat cocok untuk diet karena dapat melancarkan pencernaan kalian.

5. Katakan tidak pada makanan instan

Makanan instan memiliki kadar lemak, kalori, dan natrium yang tinggi, serta tambahan bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. 

6. Hindari makanan yang mengandung santan

Santan dapat menaikkan kadar kolesterol yang akan berujung pada meningkatnya tekanan dan kadar gula dalam darah. Kurang pas untuk mereka yang sedang berdiet.

"Disaat berbuka dan sahur inilah orang-orang indoneisa terkadang kebalakan. Yah, hampir semua orang Indonesia saat berbuka dan sahur adalah saat dimana untuk makan sebanyak-banyaknya. Nah, buat teman-teman yang punya kebiasaan seperti ini sebaiknya dikurangi yah, "jelas dr. Uditia Alham Sakti, S.Ked, Dokter Umum Makassar.

Tips selanjutnya adalah sebaiknya jangan langsung makan terlalu banyak saat sahur dan konsumsi asupan air putih yang cukup minimal 2 gelas.

Pada saat sahur jangan terlalu banyak mengkonsumsi nasi putih, lebih baik anda konsumsi nasi merah. Kadar gula dalam nasi putih akan mempengaruhi tubuh anda saat berpuasa, contoh kecilnya anda dapat merasa sangat mengantuk di jam 12 siang dan jangan lupa asupan buah dan sayuran juga diperhatikan yah.

Minum satu gelas susu saat sahur juga sangat baik untuk teman-teman. Selain untuk memenuhi nutrisi, susu juga bisa menjadi energi untuk teman-teman agar puasanya kuat.

Tips selanjutnya adalah saat bulan puasa teman-teman tetap berolahraga yah, olahraga ringan seperti senam, jogging, yoga selama 15-30 menit sebelum berbuka puasa sangat baik untuk tetap menjaga kebugaran teman-teman.

"Tips saat berbuka puasa buat teman-teman, saat berbuka puasa sebaiknya jangan langsung makan berat. Minum air putih 1-2 gelas sangat baik untuk menu berbuka puasa anda. Nah saat makan berat teman-teman saya sarankan untuk menyantap sayuran dan buah-buahan terlebih dahulu lalu masuk ke menu utama. Lalu menu takjilnya kapan dong ? menu takjil seperti es cendol, gorengan, kue manis sebaiknya dimakan setelah menyantap menu utama dan tentu saja konsumsi takjilnya jangan terlalu berlebihan yah," tutupnya.

[Nur Fadhilah Sophyan]