Perusda
Bank SUlsel Bar

Hari Ini, Soni Resmi Jabat Plt Gubernur Sulsel

on 9/4/18 Oleh Fritz Wongkar
Hari Ini, Soni Resmi Jabat Plt Gubernur Sulsel
Plt Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono dan Mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo

KabarMakassar.com -- Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono hari ini resmi sebagai penjabat Gubernur. Dimana manatan Plt Gubernur DKI Jakarta ini akan menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang masa periode jabatannya sudah habis.

Soni Sumarsono merupakan pejabat dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Soni dijadwalkan pada pukul 09:30 Wita akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. 

Dilantik hari ini, Sini 9 April 2018, Soni memiliki sejumlah agenda penting. Dimana ia menjaga  Pilkada serentak 2018 di 12 kabupaten dan kota termasuk Pilgub Sulsel agar tetap berjalan dengan damai dan lancar. Selain itu dirinya juga menyampaikan kepada seluruh Aparatur Sipil negara (ASN) yang ada di Sulsel jika wajib netral dalam Pilkada.

"Saya tentu punya peran disini untuk langsung bertemu dan silaturahmi dengan ASN agar mengingatkan untuk wajib netral di Pilkada nanti, selain itu DPRD, Forkopimda juga nanti saya akan temui dan doakan selama enam bulan ini berjalan dengan baik yah.."kata Soni.

Untuk diketahui Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo memilih Soni Sumarsono sebagai plt Gubernur Sulsel karena memiliki pengalaman yang sangat baik, dimana selain pernah menjabat sebagai plt di Ibukota DKI Jakarta, dirinya juga sebelumnya menjabat di Sulawesi Utara menggantikan Sinyo Harry Sarundajang pada tahun 2015.

"Soni dipilih karena pengalaman kariernya dari bawah, pernah jadi Plt di Sulawesi Utara, pernah jadi Plt di Ibukota Jakarta"kata Mendagri, Tjahjo Kumolo.

Selain itu Mendagri juga mengatakan jika Soni Sumarsono ditugaskan ke Sulsel untuk membangun sinergi komunikasi dengan seluruh lapisan masyarakat dan menjaga netralitas ASN pada Pilkada serentak di Sulsel.