Mager? Nah, Lakukan Hal ini

Mager? Nah, Lakukan Hal ini

KabarMakassar.com-- Mager atau males gerak bukan kebiasaan yang perlu dilestarikan mengingat kebiasaan kamu ini bisa berefek panjang. Selain obesitas, mager bisa membuat kamu stres dan tulang menjadi lemah. Rasa malas memang sering menyerang tanpa pandang bulu, bisa terjadi pada kaum lanjut usia maupun kaum muda, oleh sebab itu kita harus bisa menjaga diri dari rasa malas.

Dilansir dari Badan Kesehatan Dunia (WHO),  gaya hidup seseorang yang malas bergerak adalah dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. Tak hanya itu, hal itu didukung oleh laporan dari European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) pada 2008, menyatakan bahwa kematian akibat kebiasaan malas gerak jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan kematian karena obesitas.

Oleh karena itu pentingnya bergerak mulai dari sekarang menjadi modal utama untuk kesehatan khususnya disini, kesehatan tulang sendi dan otot. Jadi kamu tergolong orang yang masih mager alias malas bergerak? Pikir lagi deh dan mulai ubah gaya hidup mager kamu mulai dari sekarang dengan cara berikut ini:

1.Boomerang Instagram
Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan bisa dimulai dengan buat gerakan-gerakan di story - boomerang instagram, nih. Coba dulu dimulai dari hal ini deh biar mudah untuk mau bergerak ke hal lainnya.

2.Jalan Kaki
Kira-kira, kamu termasuk orang Indonesia yang malas jalan kaki? Jika benar, berarti kamu termasuk orang yang rugi. Sebab, kamu akan kehilangan banyak manfaat dari jalan kaki. Jalan kaki selama 20 menit setiap hari akan membakar 7 pound atau 3,5 kg lemak per tahun. Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Jalan kaki cepat dari 20 sampai 25 menit adalah kondisi terbaik bagi jantung dan paru-paru. Rajin jalan kaki juga dapat mencegah osteoporosis, menurunkan resiko penyakit diabetes, menjaga kestabilan tekanan darah, meningkatkan sistem imun dan jumlah vitamin D dalam tubuh. Jika tubuh sehat maka pikiran mu pun menjadi lebih sehat dan bahagia. Anda bisa bekerja dengan efektif, memiliki waktu bersama dengan keluarga, dan menyiapkan hal-hal baik untuk masa depan.

3.Bergeraklah meski sedang duduk
Meskipun kamu sedang duduk tidak mengerjakan apapun, usahakan untuk tetap produktif. Ciptakan sebuah gerakan misalnya ketika kamu berada di kantor sesekali hampiri teman yang ada di sisi meja lain. Atau kamu bisa minum banyak agar punya alasan ke toilet dan akhirnya bergerak deh.

4.Olahraga Ringan
Jenis olahraga ringan atau low impact mendukung pembakaran kalori dan tidak berisiko tinggi menyebabkan cedera. Olahraganya meliputi, treadmill, jalan kaki, bersepeda, berenang dan senam seperti tai-chi. Sekalipun berenang bermanfaat bagi kelenturan dan sangat bermanfaat untuk kesehatan secara umum, namun kurang menunjang bagi kekuatan tulang. Kombinasikan dengan olahraga lainnya yang memberikan pembebanan pada tulang. Olahraga yang sedang in saat ini seperti yoga juga merupakan olahraga low impact yang memberikan pembebanan sehingga memperkuat otot, dan tulang. Salah satu yang membuat tubuh Anda bergerak adalah dengan berolahraga. Olahraga yang seimbang memainkan peranan penting untuk menguatkan tulang, sendi dan otot. Melakukan aktivitas fisik sejak dini dapat memacu untuk mengembangkan pola hidup sehat, menghindarkannya dari obesitas serta mengajarkan nilai-nilai kehidupan. Untuk mendukung kebutuhan gizi harian, pastikan kamu memilih pola makan yang sehat dan seimbang. perhatikan makanan yang bervariasi , makan dengan teratur juga menghindari makanan yang tinggi kalori namun kurang bergizi, seperti makanan yang banyak mengandung gula dan minyak.  Membiasakan rutin minum susu, merupakan bagian dari pola makan sehat karena protein yang terkandung didalamnya dan berbagai vitamin dan mineral penting yang mendukung kesehatan tubuh.

5.Tempelah mimpi-mimpimu di dinding kamarmu
Apa yang menjadi mimpimu rangkailah dalam sebuah frame atau langsung kau tempelkan di dinding kamarmu, agar setiap anda bangun, atau ditengah lamunan akan mengingatkan dirimu akan mimipi-mimpimu, serta cara ini juga efektif untuk menambah nilai seni kamarmu dan membuat kamarmu menjadi lebih nyaman dan mengandung unsur motivasi. Jangan lupa untuk menempelkan target-targetmu di masa yang akan datang. cara ini sudah admin coba sejak kuliah dulu, dan lumayan berhasil.

Maka dari itu apa yang kita lakukan pasti ada saatnya dimana ia tidak berjalan sesuai rencana namun ingatlah akan satu hal “Berproseslah sebaik mungkin, karena itu adalah jalanmu menuju kesuksesan”. Kegagalan merupakan bagian dari proses yang harus kau jalaani, teruslah berusaha dan mencoba kembali. Jadi jangan menyerah dan malas akan usahamu. Semoga Bermanfaat! [Nur Fadhilah Sophyan]

Penulis :

Editor :